barang siapa menginginkan dunia maka dia harus berilmu, barang siapa menginginkan akhirat maka dia harus berilmu. untuk mempelajari agama islam harus berilmu, untuk memahami islam harus memahami Al-Qur'an dan hadits. untuk memahami Al-Qur'an dan hadits harus mengerti bahasa Arab. salah satu element bahasa arab adalah ilmu shorof. semoga Allah meridhoi kita semua, amin.

Rabu, 12 Agustus 2009

Ta'riif fii 'ilmis Shorfi.

Tasriif dalam pengertian bahasa (etimologi) adalah perubahan. Sedangkan dalam pengertian menurut para ulama shorof adalah memindah satu asal kalimat ke berbagai bentuk yang berbeda-beda karena makna-makna yang dikehendaki, dimana makna itu tidak dapat dihasilkan tanpa adanya berbagai bentuk tersebut.
Sedangkan Shoror merupakan sebuah ilmu yang membahas tentang perubahan kalimat dari bentuk satu ke bentuk lainnya dengan mempertimbangkan pada makna yang dikehendaki.
ketahuilah... bahwasannya ilmu shorof merupakan ibunya ilmu dan ilmu nahwu adalah bapaknya ilmu. Sehingga mendahulukan ibu merupakan keniscayaan karena surga berada di bawah telapak kaki ibu. Dan kita tidak akan memperoleh ilmu tanpa menghormati ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar