barang siapa menginginkan dunia maka dia harus berilmu, barang siapa menginginkan akhirat maka dia harus berilmu. untuk mempelajari agama islam harus berilmu, untuk memahami islam harus memahami Al-Qur'an dan hadits. untuk memahami Al-Qur'an dan hadits harus mengerti bahasa Arab. salah satu element bahasa arab adalah ilmu shorof. semoga Allah meridhoi kita semua, amin.

Selasa, 15 November 2011

Cara membuat fiil Amr dari Fiil Mudhorek


كيفية أخد أمر الغائب من المضارع

·         Fiil amr waqi' ghoib berasal dari fiil mudhorek dengan menambahkan lam di awal kalimat untuk membedakan antara fiil amr dan fiil mudhorek dan fiil amr ghoib di jazemkan dengan menggunakan lam tersebut karena huruf lam merupakan huruf tengah-tengah di tinjau dari makhrojnya, sedangkan waqi' ghoib adalah pertengahan antara waqi' mukhotob dan waqi' mutakallim. Contoh : ليضرب
·         Sedangkan bila fiil amr waqi' mukhotob maka huruf istiqbal ( ا , ن , ي , ت  ) di buang karena berlaku dalam kalangan orang arab dan lam di buang dengan tujuan untuk meringankan ucapan . di samping itu bila huruf istiqbal tidak dibuang maka huruf lam pun tidak boleh dibuang dan ini akan terjadi keserupaan antara fiil amr waqi' ghoib dan waqi' mukhottob. Seperti contoh :
لِتَضْرِبْ  lafadh ini tidak diketahui apakah mempunyai waqi' ghoib atau mukhotob maka bila waqi' mukhotob harus إضْرِبْ  ( dengan membuang huruf ta' yang merupakan huruf istiqbal dan membuang lam ) tidak boleh لِتَضْرِبْ .
تدخل مانافية كذاك لا   #   على المضارع بيانه خلا
وان عليه جازم قد دخلا   #   فذا بحدف حركة انحلا
او حذف حرف علة او نون   #   فى أفعال الخمسة بالتنوين
Huruf ما dan huruf لا nafi bisa masuk dalam fiil mudhorek dan fiil mudhorek di baca rofak , begitu juga amil jazem bisa masuk dalam fiil mudhorek dengan tanda-tanda sebagai berikut :
  1. dengan tanda sukun bila fiil mudhorek sohih akhir contoh : لم يضربْ
  2. dengan tanda membuang huruf akhir bila fiil mudhorek mu'tal akhir. Contoh : لم يرمِ
  3. dengan tanda membuang nun dalam af'alul khomsah contoh : لم يضرباَ , لم يضربوا , لم تضرباَ , لم تضربوا , لم تضربى.
ثم من الذى لفعل يجزم   #   لام افادت طلبا كليعلموا
وجزمها لفعل غائب كثر   #   وذى تكلم مخاطب نزر
اذاهما لفاعل قد بيِّنا   #   وان لمـفعول فذا قد رويا

Sebagian dari amil jazem adalah huruf lam yang   berfaidah tholab ( perintah ) dan lam ini di beri harokat kasroh karena lam jer. Dan ketika fiil mudhorek yang kemasukan amil jazem dan jatuh setelah huruf fa' atau wawu atau ثًمَّ maka boleh mensukun lam tholab tersebut. Contoh :
فَلْيَضْحَكُوا قلَِيلاً ولْيَـبْكُوا كَثِيرًا ثُمًَ لْيَقْضُوا
Kebanyakan lam tholab ini menjazemkan terhadap fiil mudhorek dengan waqi' ghoib dan juga menjazemkan pada fiil mudhorek waqi' takallum dan mukhotob tapi hukumnya sedikit.

ومثلها فى الجزم لا ذات الطلاب     *       وجزمها غير تكلم غلب
Sebagian dari amil jazem lagi yaitu لا nahi yang menjazemkan pada fiil mudhorek waqi' ghoib dan mukhotob serta tidak dapat menjazemkan pada fiila mudhorek yang waqi' takallum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar