barang siapa menginginkan dunia maka dia harus berilmu, barang siapa menginginkan akhirat maka dia harus berilmu. untuk mempelajari agama islam harus berilmu, untuk memahami islam harus memahami Al-Qur'an dan hadits. untuk memahami Al-Qur'an dan hadits harus mengerti bahasa Arab. salah satu element bahasa arab adalah ilmu shorof. semoga Allah meridhoi kita semua, amin.

Selasa, 15 November 2011

Fiil Mudhorek bertemu nun taukid dan nun niswah


باب الفعل الذى اتصل به نون التوكيد او نون النسوة

وابن على الفتح مضارعا ترى  #  تأكيده جاء بنون باشر   
·         Fiil mudhorek bila bertemu dengan nun taukid baik tsaqilah maupun khofifah mempunyai qoidah di mabnikan fathah dengan syarat nun tukid itu bertemu langsung dengan huruf akhir dari fiil mudhorek , contoh :
يَضْرِبَنَّ      : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid tsaqilah.
يَضْرِبَنْ      : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid Khofifah.
يَغْزُوَنَّ      : huruf wawu yang merupakan huruf terakhir dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid tsaqilah.
يَغْزُوَنْ      : huruf wawu yang merupakan huruf terakhir dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid khofifah.

وان يكن متصلا بنـــون   #   لنسوة فابن على السكون
·         Fiil mudhorek yang bertemu dengan Nun Niswah (   نون النسوة   ) baik ghoibah ( غائبة ) maupun mukhotob (مخاطب  ) mempunyai hukum di mabnikan sukun.
Contoh :
يَضْرِبْنَ      : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir dari fiil mudhorek di baca sukun karena bertemu dengan nun niswah.
تَضْرِبْنَ      : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir dari fiil mudhorek di baca sukun karena bertemu dengan nun niswah.
( hukum yang berlaku di dalam fiil mudhorek juga berlaku di dalam fiil amr ketika bertemu dengan nun niswah seperti contoh :   يَا هِنْدَاتُ اُغْزُوْنَ  )

واشكله قبل مضمر لين بما   #   جانس من تحرّك قد علما
·         Akhir fiil mudhorek yang bertemu dengan nun taukid, bila diantaranya di pisah dengan dhomir yang berupa huruf lyn ( alif, wawu dan ya’ ), akan di beri harokat dengan harokat yang sesuai dengan dhomir lyn tersebut . bila dhomir berupa huruf alif maka huruf akhir  diberi harokat fathah, bila wawu di beri harokat dhommah, bila ya’ di beri harokat kasroh dan dhomir tersebut bila berupa huruf wawu atau ya’ maka di buang karena menghindari bertemunya 2 huruf mati, sedangkan dhomir yang berupa hutuf alif ditetapkan ( tidak dibuang ) karena ringan seperti contoh :
يَصُونَانِّ      : asalnya sebelum bertemu dengan nun taukid adalah  يَصُونَانِ  
يَصُونُنَّ        : asalnya sebelum bertemu dengan nun taukid adalah يَصُونُونَ     
تَصُونِنَّ        : asalnya sebelum bertemu dengan nun taukid adalah       تَصُونِيْنَ

والمضمر احذفنّه الا الألف   #   وان يكن فى أخر الفعل الف
فاجعله منه رافعا غير اليا   #   والواو ياء كاسعينَّ سعيـا
·         Dalam fiil mudhorek yang di akhiri denga huruf alif, maka alif itu harus diganti dengan ya’ bila di taukidi dan merofakkan terhadap dhomir selain ya’ dan wawu, dengan artian fiil mudhorek merofakkan terhadap dhomir alif atau nun, dhomir mustatir, atau isim dhohir.
Contoh :
يا زيدان هل ترضيانِّ
يا نسوة هل ترضينانِّ
يا زيد هل ترضيَنَّ
( hukum-hukum yang ada dalam fiil mudhorek ini juga  berlaku dalam fiil amr )

إعلال
يصونَنَّ اصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يصون على وزن يفعل فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فيبن على فتح لمباشرتها به فصار يصونَنَّ.
يصونَانِّ اصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يصونان على وزن يفعلان فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم يصونانِنَّ فحذفت نون الرفع كرهة توالى الأمثال الزوائد فصار يصونانَّ فكسرت نون التوكيد الثقيلة تشبيها بنون المثنى لوقوعها بعد الف فصار يصونانِّ.
يَصُونَنَّ أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يصونون على وزن يفعلون فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار يصونوننَّ فحذف نون الرفع كراهة التوالى الأمثال الزوائد فصار يصنونَّ فحذفت واو الضمير تحفيفا لالتقاءالساكنين فصار يصونُنَّ
تصونِنَّ أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة تصونين على وزن تفعلين فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار تصونينَنَّ فحذفت نون الرفع كراهة التوالى الأمثال الزوائد فصار تصونينَّ فحذفت ياء الضمير تحفيفا ودفعا لالتقاء الساكنين فصار تصونِنَّ.


واخدف من رافع هاتين وفى   #   واوويا شكل مجانس قفى
·         Fiil mudhorek yang mu’tal akhir dengan huruf alif bila di taukidi dengan nun taukid tsaqilah dan juga merofakkan pada dhomir wawu / ya’ , maka mempunyai hukum alif harus di buang dan dhomir wawu / ya’ di beri harokat dengan harokat yang sesuai dengan huruf wawu / ya’ tersebut. Bila huruf wawu sesuai dengan harokat dhommah dan huruf ya’ sesuai dengan harokat kasroh.

إعلال
يَرْضَيَنّ  أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يرضى على وزن يَفْعَلُ فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فقلبت الألف ياء فيبنى على فتح لمباشرتها به فصار  يَرْضَيَنَّ .
يَرْضَوُنَّ أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يَرْضَوْنَ على وزن يفعلون فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار يَرْضَوْنَنَّ فحذفت نون الرفع كراهة توالى الأمثال الزوائد فصار يرضونَّ فحركت واو الضمير باضمة لمجانسة فصار يرضوُنَّ.
ترضَيَنَّ  أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة ترضيْنَ على وزن تفعلين فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار ترضينَنَّ فحذفت نون الرفع كراهة توالى الأمثال الزوائد فصار ترضيْنَّ فحركت ياء الضمير بالكسر لمناسبة فصار ترضيِنَّ.

وألفا زد قبلها مؤكدا    #    فعلا إلى نون الإناث أسند
Fiil ketika di sandarkan kepada nun inats dan di taukidi dengan nun taukid tsaqilah, maka ditambahi dengan alif yang memisah antara nun inats dan nun taukid karena orang arab tidak menyukai berturut-turutnya tiga huruf yang sama seperti contoh :
النسوة يغزونانِّ , يا نسوة هل تغزونانِّ
Lafadh يغزونانِّ sebelum bertemu dengan nun taukid adalah يغزون mengikuti wazan يفعلْنَ dan lafadh تغزونانِّ  sebelum bertemu dengan nun taukid adalah تغزون mengikuti wazan تفعُلْنَ  .

ولم تقع خفيفة بعد الألف   #   لكن شديدة وكسرها ألف
" Qo'idah "
Nun taukid khofifah tidak dapat jatuh setelah alif secara mutlak baik isim maupun selainnya dengan alasan karena bila nun taukid khofifah jatuh setelah alif maka akan terjadi bertemunya dua huruf mati yang tidak sesuai dengan persyaratannya. Maka tidak boleh mengatakan :
يصونانْ   dan   تصونانْ

باب بيان حدّ التقاء الساكنين
ثم التقاء الساكنين إنما   #   يجوز فى حرفين جاء مذغما
ثانيهما واوَّل جـا لينا   #   كـذابَّة مشـدَّدالبافافـطنا
Diperbolehkan terdapat dua huruf mati yang bertemu dengan syarat-syarat sebagai berikut :
  1. huruf pertama harus berupa huruf lyn
  2. huruf kedua harus huruf yang di idhghomkan
contoh : ذابَّة

إذا أتـى بـأول المـضارع   #   تأن جاز فيه وجـهان فـعى
إبقاء كليهما وحذف الواحدة   #   والحذف للراجيح هو الزائدة
وإنـما يجـوز فى الفـاعل   #   تـفـعَّل تـفاعل تفعـلل
Ketika di awal fiil mudhorek terdapat 2 huruf ta' maka diperbolehkan dua wajah :
  1. menetapkan kedua ta' tersebut
  2. membuang salah satu dari 2 ta' tersebut
di antara 2 wajah tersebut di atas wajah yang paling kuat adalah membuang salah satu daru 2 ta' tersebut dengan alasan ketika orang arab merasa berat mengucapkan berkumpulnya dua huruf yang sama dan tidak sah nya mengidhghomkan karena akan mengakibatkan butuh pada hamzah washol sedangkan hamzah washol tercegah dalam fiil mudhorek / hukumnya dhoif dan sedikit penggunaannya maka para ulama' shorof memilih mengucapkan yang lebih mudah yaitu membuang salah satu dari kedua ta' tersebut seperti contoh :
تعلم اصله تتعلم على وزن تـتفعَّل حذفت التاء الزائدة تحفيفا فصار تعلم
تقاتل اصله تتقاتل على وزن تتفاعل حذفت التاء الزائدة تحفيفا فصار تقاتل
تدخرج اصله تتدخرج على وزن تتفعّل حذفت التاء الزائدة تحفيفا فصار تدخرج

Tidak ada komentar:

Posting Komentar