باب الفعل الذى اتصل به نون التوكيد او نون النسوة
وابن
على الفتح مضارعا ترى # تأكيده جاء بنون باشر
·
Fiil mudhorek bila bertemu dengan nun taukid baik tsaqilah maupun
khofifah mempunyai qoidah di mabnikan fathah dengan syarat nun tukid itu
bertemu langsung dengan huruf akhir dari fiil mudhorek , contoh :
يَضْرِبَنَّ : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir
dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid tsaqilah.
يَضْرِبَنْ : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir
dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid Khofifah.
يَغْزُوَنَّ : huruf wawu yang merupakan huruf terakhir
dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid tsaqilah.
يَغْزُوَنْ : huruf wawu yang merupakan huruf terakhir
dari fiil mudhorek di baca fathah karena bertemu dengan nun taukid khofifah.
وان يكن متصلا
بنـــون # لنسوة فابن على السكون
·
Fiil mudhorek yang bertemu dengan Nun Niswah ( نون النسوة ) baik ghoibah ( غائبة ) maupun mukhotob (مخاطب ) mempunyai hukum di mabnikan sukun.
Contoh :
يَضْرِبْنَ : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir
dari fiil mudhorek di baca sukun karena bertemu dengan nun niswah.
تَضْرِبْنَ : huruf ba’ yang merupakan huruf terakhir
dari fiil mudhorek di baca sukun karena bertemu dengan nun niswah.
( hukum yang berlaku di dalam fiil mudhorek
juga berlaku di dalam fiil amr ketika bertemu dengan nun niswah seperti contoh
: يَا هِنْدَاتُ اُغْزُوْنَ )
واشكله قبل مضمر
لين بما # جانس من تحرّك قد علما
·
Akhir fiil mudhorek yang bertemu dengan nun taukid, bila diantaranya di
pisah dengan dhomir yang berupa huruf lyn ( alif, wawu dan ya’ ), akan di beri
harokat dengan harokat yang sesuai dengan dhomir lyn tersebut . bila dhomir
berupa huruf alif maka huruf akhir
diberi harokat fathah, bila wawu di beri harokat dhommah, bila ya’ di
beri harokat kasroh dan dhomir tersebut bila berupa huruf wawu atau ya’ maka di
buang karena menghindari bertemunya 2 huruf mati, sedangkan dhomir yang berupa
hutuf alif ditetapkan ( tidak dibuang ) karena ringan seperti contoh :
يَصُونَانِّ : asalnya sebelum bertemu dengan nun taukid
adalah
يَصُونَانِ
يَصُونُنَّ :
asalnya sebelum bertemu dengan nun taukid adalah يَصُونُونَ
تَصُونِنَّ :
asalnya sebelum bertemu dengan nun taukid adalah تَصُونِيْنَ
والمضمر احذفنّه
الا الألف # وان يكن فى أخر الفعل الف
فاجعله منه رافعا
غير اليا # والواو ياء كاسعينَّ سعيـا
·
Dalam fiil mudhorek yang di akhiri denga huruf alif, maka alif itu harus
diganti dengan ya’ bila di taukidi dan merofakkan terhadap dhomir selain ya’ dan
wawu, dengan artian fiil mudhorek merofakkan terhadap dhomir alif atau nun,
dhomir mustatir, atau isim dhohir.
Contoh :
يا زيدان هل
ترضيانِّ
يا نسوة هل
ترضينانِّ
يا زيد هل
ترضيَنَّ
( hukum-hukum yang ada
dalam fiil mudhorek ini juga berlaku
dalam fiil amr )
إعلال
يصونَنَّ
اصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يصون على وزن يفعل فاتصلت به نون التوكيد
الثقيلة لتقوية الحكم فيبن على فتح لمباشرتها به فصار يصونَنَّ.
يصونَانِّ
اصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يصونان على وزن يفعلان فاتصلت به نون
التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم يصونانِنَّ فحذفت نون الرفع كرهة توالى الأمثال
الزوائد فصار يصونانَّ فكسرت نون التوكيد الثقيلة تشبيها بنون المثنى لوقوعها بعد
الف فصار يصونانِّ.
يَصُونَنَّ
أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يصونون على وزن يفعلون فاتصلت به نون
التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار يصونوننَّ فحذف نون الرفع كراهة التوالى
الأمثال الزوائد فصار يصنونَّ فحذفت واو الضمير تحفيفا لالتقاءالساكنين فصار
يصونُنَّ
تصونِنَّ
أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة تصونين على وزن تفعلين فاتصلت به نون
التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار تصونينَنَّ فحذفت نون الرفع كراهة التوالى
الأمثال الزوائد فصار تصونينَّ فحذفت ياء الضمير تحفيفا ودفعا لالتقاء الساكنين
فصار تصونِنَّ.
واخدف من رافع هاتين وفى #
واوويا شكل مجانس قفى
·
Fiil mudhorek yang mu’tal akhir dengan huruf
alif bila di taukidi dengan nun taukid tsaqilah dan juga merofakkan pada dhomir
wawu / ya’ , maka mempunyai hukum alif harus di buang dan dhomir wawu / ya’ di
beri harokat dengan harokat yang sesuai dengan huruf wawu / ya’ tersebut. Bila
huruf wawu sesuai dengan harokat dhommah dan huruf ya’ sesuai dengan harokat
kasroh.
إعلال
يَرْضَيَنّ أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يرضى على
وزن يَفْعَلُ فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فقلبت الألف ياء فيبنى
على فتح لمباشرتها به فصار يَرْضَيَنَّ .
يَرْضَوُنَّ أصله
قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة يَرْضَوْنَ على وزن يفعلون فاتصلت به نون
التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار يَرْضَوْنَنَّ فحذفت نون الرفع كراهة توالى الأمثال الزوائد فصار
يرضونَّ فحركت واو الضمير باضمة لمجانسة فصار يرضوُنَّ.
ترضَيَنَّ أصله قبل اتصاله بنون التوكيد الثقيلة ترضيْنَ على وزن
تفعلين فاتصلت به نون التوكيد الثقيلة لتقوية الحكم فصار ترضينَنَّ فحذفت نون
الرفع كراهة توالى الأمثال الزوائد فصار ترضيْنَّ فحركت ياء الضمير بالكسر لمناسبة
فصار ترضيِنَّ.
وألفا زد قبلها
مؤكدا # فعلا إلى نون الإناث أسند
Fiil ketika
di sandarkan kepada nun inats dan di taukidi dengan nun taukid tsaqilah, maka
ditambahi dengan alif yang memisah antara nun inats dan nun taukid karena orang
arab tidak menyukai berturut-turutnya tiga huruf yang sama seperti contoh :
النسوة
يغزونانِّ , يا نسوة هل تغزونانِّ
Lafadh يغزونانِّ sebelum bertemu dengan nun
taukid adalah يغزون mengikuti wazan يفعلْنَ dan lafadh تغزونانِّ sebelum bertemu dengan nun taukid adalah تغزون
mengikuti wazan تفعُلْنَ .
ولم تقع خفيفة بعد الألف #
لكن شديدة وكسرها ألف
"
Qo'idah "
Nun taukid khofifah tidak dapat jatuh setelah alif
secara mutlak baik isim maupun selainnya dengan alasan karena bila nun taukid
khofifah jatuh setelah alif maka akan terjadi bertemunya dua huruf mati yang
tidak sesuai dengan persyaratannya. Maka tidak boleh mengatakan :
يصونانْ dan تصونانْ
باب بيان حدّ التقاء الساكنين
ثم التقاء الساكنين إنما #
يجوز فى حرفين جاء مذغما
ثانيهما واوَّل جـا لينا #
كـذابَّة مشـدَّدالبافافـطنا
Diperbolehkan terdapat dua huruf mati
yang bertemu dengan syarat-syarat sebagai berikut :
- huruf pertama harus berupa huruf lyn
- huruf kedua harus huruf yang di idhghomkan
contoh : ذابَّة
إذا أتـى بـأول
المـضارع # تأن جاز فيه وجـهان فـعى
إبقاء كليهما وحذف
الواحدة # والحذف للراجيح هو الزائدة
وإنـما يجـوز فى
الفـاعل # تـفـعَّل تـفاعل تفعـلل
Ketika di awal fiil mudhorek terdapat
2 huruf ta' maka diperbolehkan dua wajah :
- menetapkan kedua ta' tersebut
- membuang salah satu dari 2 ta' tersebut
di antara 2 wajah tersebut di atas
wajah yang paling kuat adalah membuang salah satu daru 2 ta' tersebut dengan
alasan ketika orang arab merasa berat mengucapkan berkumpulnya dua huruf yang
sama dan tidak sah nya mengidhghomkan karena akan mengakibatkan butuh pada
hamzah washol sedangkan hamzah washol tercegah dalam fiil mudhorek / hukumnya
dhoif dan sedikit penggunaannya maka para ulama' shorof memilih mengucapkan
yang lebih mudah yaitu membuang salah satu dari kedua ta' tersebut seperti
contoh :
تعلم اصله تتعلم على وزن تـتفعَّل حذفت التاء الزائدة
تحفيفا فصار تعلم
تقاتل اصله تتقاتل على وزن تتفاعل حذفت التاء الزائدة
تحفيفا فصار تقاتل
تدخرج
اصله تتدخرج على وزن تتفعّل حذفت التاء الزائدة تحفيفا فصار تدخرج
Tidak ada komentar:
Posting Komentar