barang siapa menginginkan dunia maka dia harus berilmu, barang siapa menginginkan akhirat maka dia harus berilmu. untuk mempelajari agama islam harus berilmu, untuk memahami islam harus memahami Al-Qur'an dan hadits. untuk memahami Al-Qur'an dan hadits harus mengerti bahasa Arab. salah satu element bahasa arab adalah ilmu shorof. semoga Allah meridhoi kita semua, amin.

Selasa, 15 November 2011

Fiil Mabni Fail


الفعل الماضى المبني للفاعل
·         Fiil madhi terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
1.       mabni fa’il ( ma’lum )  المبني للفاعل ( معلوم): disebut dengan istilah ini karena fiil madhi disandarkan pada fail ( pelaku )
2.       mabni maf’ul ( majhul ) المبني للمفعول ( مجهول): disebut dengan istilah ini karena fiil madhi disandarkan pada maf’ul ( obyek )
Sedangkan fiil madhi mabni fa’il adalah fiil madhi yang huruf pertamanya berkharokat fathah seperti lafadh نَصَرَ  atau huruf pertama yang menyandang harokat berharokat fathah seperti lafadh إجْتَمَعَ . lafadh إجْتَمَعَ huruf pertamanya yang menyandang harokat adalah huruf ت berharokat fathah, sedangkan hamzah tidak di anggap huruf pertama karena hamzah itu adalah hamzah washol yang akan hilang ketika berada di tengah susunan kalimat dan huruf fa’ tidak menyandang harokat.
·         Dhomir ( الضمير) : adalah kalimat yang menunjukkan pada ma’na Ghoib atau Khudhur. Sedangkan Khudhur terbagi menjadi 2 yaitu Dhomir Mukhotob  ( ضمير المخاطب) dan Dhomir mutakallim              ( ضمير المتكلّم) .
·         Sedangkan dhomir sendiri terbagi menjadi 2 yaitu dhomir muttashil (bersambung dengan kalimat lain) dan dhomir munfashil ( terpisah dengan kalimat lain ), dhomir muttashil sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Bariz ( terlihat )dan mustatir ( terimpan ) yang juga terbagi menjadi mustatir ja iz ( boleh tersimpan boleh tidak ) dan wujub ( harus tersimpan ).
·         Yang dimaksud dengan mustatir wujub ( harus terimpan ) adalah dhomir yang tidak dapat di ganti / ditempati oleh isim dhohir dan yang dimaksud dengan mustatir ja iz ( boleh tersimpan boleh tidak ) adalah dhomir yang dapat diganti/ditempati oleh isim dhohir.
·         Dhomir muttashil mustatir wujub dalam bahasa arab bertempat di 8 tempat yaitu :
1.       Fiil Amr Mufrod Mukhotob contoh إضْرِبْ
2.       fiil mudhorek yang diawali dengan huruf hamzah atau nun contoh أضْرِبُ, نَضْرِبُ
3.       isim fiil amr contoh صَهْ بمعنى أسْكُتْ
4.       isim fiil mudhorek contoh أوَّهَ بمعنى أتوجَّعُ
5.       fiil istisna’ contoh خَلا, عَدَا, وَلايَكُوْنُ
6.       masdar yang mengganti fiil amr contoh دُخُوْلًا بمعنى أدْخُلْ
7.       fiil ta’ajjub contoh ما أحْسَنَ زَيْدًا
8.       af’aallit Tafdhil contoh زَيْدً أحْسَنُ وَجْهًا
 ·         diantara dhomir- dhomir itu terdapat istilah dhomir rofak mutaharrik yang berarti dhomir yang berkedudukan sebagai fail dan menyandang harokat (lihat kitab amtsilatut Tasrifiyah)
·         Hukum asal dari fiil madhi adalah mabni fathah, tapi terdapat tempat- tempat dimana fiil madhi harus mabni sukun atau mabni dhommah seperti keterangan berikut ini....
1.       Fiil madhi yang bertemu dengan dhomir rofak mutaharrik mempunyai hukum huruf terakhirnya harus di sukun dengan alasan agar tidak terjadi berturut-turutnya 4 huruf yang berharokat di dalam kalimat yang seperti satu ( توالى الأمثال المتحركات ).
Contoh : نَصَرَ + تُ   ---------------------  نَصَرْتُ  :  huruf ro’ di baca sukun
2.       Bila fiil madhi binak mudho’af ( masih ingat dengan binak mudho’af ...? ) bertemu dengan dhomir rofak mutaharrik ini atau diwaqofkan maka idghomnya harus dipisah dengan alasan sulit.
Contoh : lafadh مَدَّ ketika bertemu dengan dhomir rofak mutaharrik maka menjadi مَدَدْتُ   .                                            مَدَدْتُ ---------------------- مَدَّ + تُ    
 3.     Fiil Madhi yang bertemu dengan wawu jamak mudzakar Salim maka huruf terakhir dari fiil madhi itu harus di baca dhommah agar sesuai dengan huruf wawu yang jatuh setelahnya.
Contoh :   نَصَرَ +وا-------------------------  نَصَرُوا : huruf ro’ harus dibaca dhommah 
(huruf wawu setelah ro’ adalah tanda jamak mudzakar salim dan Huruf alif setelahnya merupakan alif fariqoh ( ألف فارقة ) yang digunakan untuk membedakan antara wawu jamak dan wawu athof)  
4.   Fiil madhi binak mudho’af ( ingat pelajaran kelas VII ….! ) yang ‘ain fiilnya dibaca kasroh bila bertemu dengan dhomir rofak mutaharrik maka mempunyai 3 wajah yaitu
a.       menyempurnakan ( إتْمَامٌ ) seperti contoh :   ظَلَّ+ تُ  ----------------- ظَلِلْتُ 
( huruf lam dalam lafadh ظَلَّ dipisah seperti aslinya yaitu ظَلِلَ )
b.       Membuang lam fiil dan memindah harokat ‘ain fiil kepada fa’ fiil                                                (          (حدف لامه ونقلحركة العين   
Contoh :  ظَلَّ+ تُ ----------------------  ظِلْتُ   ( huruf dho’ berharokat kasroh )
c.       Membuang lam fiil dan menetapkan harokat fa’ fiil seperti aslinya.
( حدف لامه و إبقائه على حركتها )
Contoh :     ظَلَّ+ تُ  ----------------------  ظَلْتُ  ( huruf dho’ berharokat fathah )
5.    Ketika fiil madhi mabni fail dan mabni maf’ul dari binak ajwaf ( ingat…. ! ) baik ajwaf wawi maupun ya i di sandarkan pada dhomir rofak mutaharrik maka perbedaannya di kira-kirakan ( مقدّر ).
-          bila di sandarkan pada fa’il maka mabni fa’il dan bila di sandarkan pada maf’ul maka mabni maf’ul seperti contoh : خِفْتُ و بِعْتُ .
إعلال
صنّ أصله صونن على وزن فعلن قلبت الواو ألفا لتحركها وانفتاح ما قبلها على لغة من جعل الماضى مبنيا مطلقا فصار صانن فحدفت الألف دفعا لالتقاء الساكنين فصار صنّ فأبدلت الفتحة ضمّة دلالة على الواو المحدوفة فصار صنن فأدغمت النون الأولى فى الثانية المجانسة فصار صنّ.
صنّ أصله صونن على وزن فعلن نقلت حركة الواو إلى ما قبلها بعد سلب حركتها لسهولة نقل حركتها فصار صونن فحدفت الواو دفعا لالتتتقاء الساكنين فصار صنن فأبدلت الفتحة ضمّة دلالة على الواو المحدوفة فصار صنن فأذغمت النون الأولى فى الثانية فصار صنّ
صنّ أصله صونن على وزن فعلن نقل على باب فعُل فصار صونن فنقلت حركة الواو إلى ما قبلها بعد سلب حركتها لسهولة نقل حركتها فصار صونن فحدفت الواو دفعا لالتقاء الساكنين فصار صنن فأذغمت النون الأولى فى الثانية المجانسة فصار صنّ.
بعت أصله بيعت على وزن فعلت قلبت الياء ألفا لتحركها وانفتاح ما قبلها على لغة من جعل الماضى مبنيا على فتح مطلقا فصار باعت فحدفت الألف دفعا لالتقاء الساكنين فصار بعت فأبدلت الفتحة كسرة دلالة على الياء المحدوفة فصار بعت.
بعت أصله بيعت على وزن فعلت نقلت حركة الياء إلى ما قبلها لسهولة نقل حركتها فصار بيعت فحدفت الياء دفعا لالتقاء الساكنين فصار بعت فأبدلت الفتحة كسرة لتدلّ على الياء المحدوفة فصار بعت.
بعت أصله بيعت على وزن فعلت نقل إلى باب فعِل فصار بيعت فنقلت حركة الياء إلى ما قبلها بعد سلب حركتها بسهولة نقل حركتها فصار بيعت فحدفت الياء دفعا لالتقاء الساكنين فصار بعت.
·         Ketika ada fiil madhi binak ajwaf wawi bertemu dengan dhomir rofak mutaharrik maka boleh diikutkan wazan فعُل , begitu juga bila ajwaf ya i maka boleh diikutkan pada wazan  فعِل , seperti dapat kita lihat dalam contoh i’lal di atas.
·         Namun binak ajwaf yang ain fiilnya sudah di dhommah atau di kasroh, maka tidak boleh di ganti dengan wazan lainnya karena wazan yang lain itu di ikutkan wazan yang ain fiilnya di dhommah atau di kasroh sehingga fiil yang aslinya ain fiilnya di dhommah atau di kasroh lebih utama bila ditetapkan seperti contoh :   خِفْتُ  dan طُلْتُ .
إعلال
خفت أصله خوفت على وزن فعلت نقلت حركة الواو إلى ما قبلها بعد سلب حركتها لسهولة نقل حركتها فصار خوفت فنقلت الواو ياء لوقوعها إثر كسرة فصار خيفت فحدفت الياء دفعا لالتقاء الساكنين فصار خفت.
طلت أصله طولت على وزن فعلت نقلت حركة الواو إلى ما قبلها بعد سلب حركتها لسهولة نقل حركتها فصار طولت فحدفت الواو دفعا لالتقاء الساكنين فصار طلت .
·         Bila dhomir jamak mudzakkar bertemu dengan fiil madhi binak naqis ( masih ingat....? ) maka hukumnya lam fiil harus di buang secara mutlak dengan artian baik naqis wawi atau ya i, baik fiil mujarrod atau fiil mazid, baik harokat sebelum lam fiil di baca dhommah, fathah atau kasroh. Lihat i’lal berikut ini....!


إعلال
غزوا أصله غزووا على وزن فعلوا قلبت الواو ألفا لتحركها وانفتاح ما قبلها فصار غزوا فحدفت الألف دفعا لالتقاء الساكنين فصار غزوا.
رموا أصله رميوا على وزن فعلوا قلبت الياء ألفا لتحركها وانفتاح ما قبلها فصار رماوا فحدفت الألف دفعا لالتقاء الساكنين فصار رموا.
 سروا أصله سرووا على وزن فعلوا إسكنت الواو لثقلها على الضمّة فصار سرووا فحدفت الواو التى هي لام الفعل دفعا لالتقاء الساكنين فصار سروا
رضوا أصله رضووا على وزن فعلوا نقلت حركة الواو إلى ما قبلها بعد سلب حركتها فصار رضووا فحدفت الواو التى هي لام الفعل دفعا لالتقاء الساكنين فصار رضوا.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar